counter

Sabtu, 16 Agustus 2014

Cegah HIV/AIDS dan TB, Lapas Slawi Menggelar VCT dan Skrining



SLAWI-Kegiatan VCT & skrining merupakan upaya Lapas Slawi dalam menekan & melakukan tindakan pencegahan terhadap persebaran kasus HIV/AIDS & TB. Untuk kesekian kalinya Lapas Slawi menyelenggarakan kegiatan Voluntary Counseling Test (VCT) dan Skrining, tepatnya pada hari Selasa, 12 Agustus 2014, bertempat di Aula Dr. Saharjo Lapas Slawi.

Dalam pelaksanaannya Lapas Slawi bekerjasama dengan Puskesmas Kambangan, Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal & Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM) Semarang. Warga Binaan Lapas Slawi yang diikutkan dalam kegiatan tersebut sebanyak 60 orang. “Dari 60 orang yang di VCT & Skrining TB semuanya adalah kelompok rentan” ungkap Kepala Seksi Pembinaan Narapidana & Giatja Lapas Slawi, David H.Gultom.

VCT & Skrining TB di Lapas Slawi di laksanakan secara periodik yaitu Triwulan untuk VCT & semester untuk Skrining TB Massal. Yan Rusmanto selaku Kepala Lapas Slawi juga mengungkapkan bahwa “VCT & Skrining TB adalah langkah awal untuk mendeteksi apakah Warga Binaan terkena HIV atau TB, dengan demikian penanganan yang tepat bagi Warga Binaan yang terkena HIV atau TB serta upaya-upaya pencegahan penyebaran terhadap warga binaan yang lain dapat dilakukan”


“Diharapkan dengan terselenggaranya kegiatan VCT & Skrining TB, Warga Binaan Lapas Slawi mengetahui status HIV, sehingga mereka dapat menurunkan perilaku beresiko dan mengurangi tingkat penularannya, jauhi virusnya jangan jauhi orangnya,” harap Yan.



Kontributor : Andi Rahmanto, A.Md.IP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar