counter

Sabtu, 06 Desember 2014

Kalapas Slawi Berperan Aktif Dalam Hari AIDS Sedunia 2014 Kab. Tegal

SLAWI-Ada yang tidak biasa pada Hari AIDS Sedunia tahun 2014 di Kabupaten Tegal. Tidak seperti tahun-tahun yang lalu dimana pelaksanaan HAS di Kabupaten Tegal hanya melibatkan KPA dan Dinkes saja, untuk tahun ini banyak sekali komponen yang dilibatkan, diantaranya KPA, Dinkes, Lapas, Dikpora, Kemenag, LSM Pelita, LSM Jingga, LSM PKBI dan para tokoh masyarakat, hal itu dikarenakan AIDS bukanlah masalah per orang, melainkan permasalahan multidimensi.
 
Ketua panitia pelaksanaan HAS Tahun 2014 Kabupaten Tegal Yan Rusmanto menganggap tema “cegah dan lindungi diri, keluarga, masyarakat dari HIV/AIDS dalam rangka perlindungan HAM” yang diperingati pada tahun ini merupakan  sebuah momentum yang sangat baik untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang HIV/ AIDS.

Beri Advokasi
Dalam rangka meningkatkan pemahaman, kepedulian dan komitmen seluruh unsur masyarakat dan sektor terkait mengenai penaggulangan HIV/AIDS serta upaya untuk tidak melakukan stigma dan diskriminasi terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA) maka upaya advokasi dan promosi gencar dilakukan. Advokasi diberikan kepada para pelajar sekolah di Kabupaten Tegal dan semua Pegawai Lapas Slawi oleh narasumber yang berkompeten yaitu dr.Isriati sebagai Kabid P2P Dinkes Kabupaten Tegal dan Afifah Umar,S.Psi dari LSM Jingga sekaligus penggiat HIV/AIDS Kabupaten Tegal. Sebagai upaya Promotif sekaligus sosialisasi untuk menyebarluaskan informasi dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS maka Kalapas Slawi sebagai ketua panitia bersama Kabid P2P Dinkes dan Sekretaris KPA Kabuaten Tegal melakukan dialog interaktif melalui media Radio Slawi FM, dalam keterangannya Kalapas Slawi Yan Rusmanto menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tegal agar menghindari hal-hal yang dapat berpotensi terjangkitnya HIV/AIDS ke dalam diri, keluarga dan masyarakat yaitu diantaranya dengan jauhi sex bebas dan narkoba serta jangan mendiskriminasikan mereka para ODHA.



Pada acara puncak HAS yaitu tanggal 1 Desember 2014 dilaksanakan Rapat Koordinasi yang bertempat di Pendopo Kabupaten Tegal dengan dihadiri oleh ketua KPA,seluruh SKPD,tokoh masyarakat dan para penggiat HIV/AIDS se Kabupaten Tegal, sekaligus dalam acara tersebut Yan Rusmanto sebagai Ketua panitia juga menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan HAS Tahun 2014 di Kabupaten Tegal.





Kontributor : Andi Rahmanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar