counter

Rabu, 19 November 2014

Kalapas Slawi Pimpin Rapat Panitia Peringatan HAS 2014 Kab. Tegal

SLAWI-Panitia Peringatan Hari AIDS Sedunia Tahun 2014 Kabupaten Tegal melaksanakan rapat persiapan di Aula Baharudin Lopa Lapas Slawi, Selasa (18/11) kemarin. Rapat tersebut dihadiri oleh seluruh panitia penyelenggara yang berasal dari berbagai elemen di Kabupaten Tegal, di antaranya dari Komisi Penanggulangan AIDS, Lapas Kelas IIB Slawi, Dinas Kesehatan, Kemenag, Dinsosnakertrans, Dishubkominfo, Badan PP dan KB, Palang Merah Indonesia, Radar Slawi dan beberapa Lembaga Swadaya Masyarakat di Kabupaten Tegal (LSM Jingga, LSM Pelita, LSM PKBI). Kalapas Slawi, Yan Rusmanto, selaku ketua panitia memimpin jalannya rapat tersebut.

Dalam pembukaannya Kalapas Slawi mengungkapkan keprihatinannya terhadap semakin bertambahnya jumlah orang dengan HIV/AIDS (ODHA) termasuk di Kabupaten Tegal. " Di Kabupaten Tegal sendiri, kalau diakumulasikan dari 1996 sampai pertengahan tahun ini jumlah ODHA mencapai 286 orang. Ini jumlah yang sama sekali tidak kita inginkan tentunya, oleh karena itu mari kita maksimalkan momen peringatan hari AIDS sedunia tahun 2014 ini sebagai media untuk meningkatkan awareness masyarakat terhadap bahaya penyakit ini, agar ke depannya tren pertambahan jumlah ODHA dapat diantisipasi" sambung Yan Rusmanto.

Pada rapat tersebut disepakati adanya tiga agenda utama terkait dengan Peringatan Hari AIDS Sedunia tahun 2014 di Kabupaten Tegal.  Pertama, pada Selasa (25/11) akan diselenggarakan kegiatan sosialisasi mengenai HIV/AIDS bagi para petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Slawi dengan narasumber dari Dinas Kesehatan dan Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Tegal. Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan Voluntary Counseling Test (VCT) bagi warga binaan baru di Lapas Slawi.  

Kedua, pada Minggu (30/11) bertempat di Taman Rakyat Slawi Ayu (TRASA) akan diselenggarakan acara sosialisasi tentang bahaya HIV/AIDS kepada masyarakat Kabupaten Tegal yang dikemas satu paket dengan kegiatan bhakti sosial berupa, donor darah dan VCT bagi masyarakat. Selain kedua poin tersebut, jalan sehat juga menjadi salah satu poin acara di hari itu dengan disertai pembagian flyer dan stiker pencegahan penyebaran HIV/AIDS.  

Ketiga, upacara puncak peringatan Hari AIDS Sedunia yang akan disatukan dengan upacara peringatan Hari KORPRI bertempat di Lapangan Pemda Tegal, Senin (1/12). Pada upacara tersebut rencanya akan disisipkan pula, tema peringatan Hari AIDS Sedunia 2014, " Cegah dan Lindungi Diri, Keluarga, dan Masyarakat dari HIV-AIDS Dalam Rangka Perlindungan HAM ". Dinsosnakertrans Kabupaten Tegal diagendakan memberikan bantuan secara simbolis kepada ODHA di Kabupaten Tegal. Seusai upacara, akan dilaksanakan pula rapat koordinasi yang akan dihadiri oleh Bupati serta SKPD Kabupaten Tegal di Pendopo Kabupaten Tegal. Dalam rapat tersebut Kalapas Slawi selaku ketua panitia Peringatan HAS 2014 direncanakan akan menyampaikan laporan pertanggungjawabannya.


Kontributor : Eko Nugroho

Tidak ada komentar:

Posting Komentar