counter

Sabtu, 18 April 2015

Bupati Tegal Lantik Pejabat Barunya, di Lapas Slawi

SLAWI-Lembaga Pemasyarakatan sebagai lembaga pembinaan, posisinya memegang peranan yang strategis dalam merealisasikan tujuan akhir dari Sistem Peradilan Pidana (SPP), yaitu rehabilitasi dan resosialisasi pelanggar hukum, bahkan sampai pada penanggulangan kejahatan (supresion of crime). Posisi strategis inilah yang mendasari Enthus Susmono, Bupati Tegal, untuk menyelenggarakan acara pelantikan pejabat eselon II di jajaran Pemerintah Kabupaten Tegal di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Slawi, Jumat (17/04) kemarin. Enthus yang notabene adalah "alumnus" dari Lapas Slawi (narapidana kasus pencemaran nama baik tahun 2008) menjadikan Lapas sebagai lokasi pelantikan agar memberikan awareness bagi para pejabat untuk tidak menyalahgunakan kewenangannya sehingga membawanya masuk ke dalam Lapas.

Ada 4 (empat) pejabat eselon II yang dilantik pada kesempatan tersebut, mereka adalah Drs. Edi Budiyanto, M.Pd.dilantik sebagai Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Tegal, Bambang Kusnandar Aribawa, SP., M.Si. dilantik sebagai Inspektur Kabupaten Tegal, Dra. Nurhayati, MM. dilantik sebagai Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tegal, dan Drs. M. Berlian Adjie, MM. yang dilantik sebagai Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Pasar Kabupaten Tegal. Keempatnya dilantik setelah berhasil meraih nilai tertinggi dalam seleksi lelang jabatan yang diadakan oleh Pemkab Tegal beberapa waktu lalu. Kepada para pegawai di jajarannya Enthus membagi pengalaman selama "mengenyam" pembinaan di dalam Lapas bahwasanya kehidupan di Lapas Slawi itu berat, aturan ketat dan tidak bisa menikmati kebebasan seperti ketika di luar. "Pokoknya jangan pernah sekali-sekali untuk melewati pintu ini (menunjuk pintu masuk utama Lapas) yang disebabkan oleh kesalahan yang bapak ibu lakukan, ke depan saya berharap ada one institution, one innovation, harus ada inovasi dari setiap institusi di Kabupaten Tegal" tegas Enthus.

Di akhir acara Kalapas Slawi, Yan Rusmanto mengadakan pertemuan singkat dengan Bupati, Wakil Bupati,  Sekda Kabupaten Tegal, Pimpinan DPRD Kab. Tegal dan beberapa anggota Forkopimda Kab. Tegal di ruangannya. Dalam pertemuan tersebut, selain membahas tentang serba serbi penghuni Lapas, Kalapas juga melaporkan progres dari kegiatan pembinaan kerohanian yang berorientasi pondok pesantren di Lapas Slawi yang beberapa waktu lalu telah mendapatkan bantuan sarana dan prasarana dari Pemkab Tegal melalui Wakil Bupati Tegal. "Kerjasama dan sinergi yang baik semoga terus berkesinambungan sehingga pembinaan di Lapas terhadap warga Kabupaten Tegal yang ada di dalam dapat menjadi semakin baik" sambung Yan Rusmanto.


Kontributor : Eko Nugroho




Tidak ada komentar:

Posting Komentar