counter

Rabu, 11 Juni 2014

LAPAS KELAS IIB SLAWI UPAYAKAN PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI MELALUI KEGIATAN OUTBOND




Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Slawi dalam rangka pembinaan pegawai dan peningkatan kinerja pegawai mengadakan kegiatan Outbond di obyek wisata Waduk Cacaban Kabupaten Tegal. Acara yang dilaksanakan oleh seluruh pegawai ini menggandeng tim outbond dari Brigade Infanteri (BRIGIF) IV Dewa Ratna Slawi.





Sekilas, outbound memang terkesan sebagai aktivitas santai-santai belaka. Bagaimana tidak? Karena, aktivitasnya hanya berkutat diseputar permainan yang seru dan menyenangkan. Dilakukannya pun dalam suasana santai. Namun demikian, jangan diremehkan kegiatan yang satu ini. Soalnya, dibalik image santai dan senang-senang, ada segudang manfaat yang bisa dipetik dari kegiatan outbound tour ini. Antara lain, bisa mempererat kekompakan antar pegawai Lapas Kelas IIb Slawi. Hampir semua kegiatan outbound selalu dilakukan secara berkelompok. Untuk bisa menyelesaikan suatu tantangan, diperlukan  kerja sama tim Together Everyone Achieves More.


Dengan terciptanya semangat kerjasama dan perasaan senasib sepenanggungan, maka solidaritas akan muncul dengan sendirinya. Outbound juga bisa menghilangkan gap antara karyawan lama dengan karyawan baru yang sering terjadi. Antara pimpinan dengan bawahan, Kalau senior beserta junior berada disatu tim, mau tidak  mau mereka 'dipaksa' melakukan segalanya bersama-sama. Yang tadinya mungkin di kantor hanya sekedar tahu nama, setelah outbound mereka akan lebih akrab.






Beragam tingkat kesulitan dalam permainan juga dapat membangun sikap pantang menyerah dan menumbuhkan rasa percaya diri (self-confidence) dalam diri peserta, terutama saat mereka berhasil menyelesaikan permainan. Keberanian dalam menghadapi tantangan dan mengambil resiko pun akan terbangun selama peserta mengikuti outbound.

Manfaat lainnya, outbound tour dapat mengasah kemampuan bersosialisasi. Pada saat bergabung dalam sebuah tim, peserta akan bertemu dan bekerjasama dengan orang-orang yang mungkin memiliki kepribadian berbeda dengan dirinya. Kondisi tersebut akan menjadikan peserta lebih menghargai perbedaan di sekitarnya.





Salah satu manfaat utama Lapas Kelas IIb Slawi Mengadakan Outbond ini adalah :


  1. Membentuk Leadership. Tujuan pertama dan utama Lapas Kelas IIb Slawi saat mengadakan outbound adalah untuk membentuk jiwa kepemimpinan (leadership). Dengan acara outdoor, games dan tantangan yang diberikan outbound, seseorang akan dibentuk kepemimpinannya. Hal itu sudah terkandung di dalamnya makna akan tanggung jawab, kepedulian, rasa setia kawan, saling bantu dan dukung, ilmu memimpin, problem solving dll. Leadhership tidak hanya perlu untuk pimpinan dan manajemen saja, semua anggota tim harus tahu dan terbentuk kepemimpinan dalam diri mereka.
  2. Membentuk Team Building. Tujuan kedua adalah membentuk kekuatan tim. Semua anggota dan peserta outbound akan dilatih untuk terus sadar dan mengetahui bahwa mereka adalah bagian dari tim. Yang karenanya, semua yang mereka lakukan sangat berpengaruh pada tim. Langsung ataupun tidak langsung. Apapun level mereka. Di dalam pelaksanaan outbound, tidak dibatasi mana staf, pejabat dan pimpinan. Semua lebur menjadi satu tim.
  3. Peningkatan Kinerja Tujuan ketiga ini adalah tujuan akhir, dari pengadaan Outbound adalah Adanya peningkatan kinerja. Leadhership dan tim building harus bermuara pada kerja yang semakin bagus, semakin cepat dengan hasil yang meningkat.



 (setyardi_lapasslawi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar